Selasa, 26 April 2016

MEDIA MASSA


 


Media Massa
Menurut Leksikon Komunikasi, media massa adalah “sarana penyampai pesan yang berhubungan langsung dengan masyarakat luas misalnya radio, televisi, dan surat kabar”.
Media adalah bentuk jamak dari medium yang berarti tengah atau perantara. Massa berasal dari bahasa Inggris yaitu mass yang berarti kelompok atau kumpulan. Dengan demikian, pengertian media massa adalah perantara atau alat-alat yang digunakan oleh massa dalam hubungannya  satu sama lain (Soehadi, 1978:38).
Yang termasuk media massa terutama adalah suratkabar, majalah, radio, televisi, dan film sebagai The Big Five of Mass Media (Lima Besar Media Massa), juga internet (cybermedia, media online).

Jenis-Jenis Media Massa

1.      Media Massa Cetak (Printed Media). Media massa yang dicetak dalam lembaran kertas.
Dari segi formatnya dan ukuran kertas, media massa cetak secara rinci meliputi
(a) koran atau surat kabar (ukuran kertas broadsheet atau 1/2 plano),
(b) tabloid (1/2 broadsheet),
(c) majalah (1/2 tabloid atau kertas ukuran folio/kwarto),
(d) buku (1/2 majalah),
(e) newsletter (folio/kwarto, jumlah halaman lazimnya 4-8), dan
(f) buletin (1/2 majalah, jumlah halaman lazimnya 4-8).
Isi media massa umumnya terbagi tiga bagian atau tiga jenis tulisan: berita, opini, dan feature.
2.      Media Massa Elektronik (Electronic Media). Jenis media massa yang isinya disebarluaskan melalui suara atau gambar dan suara dengan menggunakan teknologi elektro, seperti radio, televisi, dan film.
3.      Media Online (Online Media, Cybermedia), yakni media massa yang dapat kita temukan di internet (situs web).

Karakteristik Media Massa
1.     Publisitas, yakni disebarluaskan kepada publik, khalayak, atau orang banyak.
2.     Universalitas, pesannya bersifat umum, tentang segala aspek kehidupan dan semua peristiwa di berbagai tempat, juga menyangkut kepentingan umum karena sasaran dan pendengarnya orang banyak (masyarakat umum).
3.     Periodisitas, tetap atau berkala, misalnya harian atau mingguan, atau siaran sekian jam per hari.
4.     Kontinuitas, berkesinambungan atau terus-menerus sesuai dengan priode mengudara atau jadwal terbit.
5.     Aktualitas, berisi hal-hal baru, seperti informasi atau laporan peristiwa terbaru, tips baru, dan sebagainya. Aktualitas juga berarti kecepatan penyampaian informasi kepada publik.

Fungsi Media Massa
Wright:
1.     Pengawasan (Surveillance) – terhadap ragam peristiwa yang dijalankan melalui proses peliputan dan pemberitaan dengan berbagai dampaknya –tahu, panik, terancam, gelisah, apatis, dsb.
2.     Menghubungkan (Correlation) – mobilisasi massa untuk berpikir dan bersikap atas suatu peristiwa atau masalah.
3.     Transmisi Kultural (Cultural Transmission) – pewarisan budaya, sosialisasi.
4.     Hiburan (Entertainment).
a. Melepaskan diri atau terpisah dari permasalahan.
b. Bersantai.
c. Memperoleh kenikmatan jiwa dan estetis.
d. Mengisi waktu. Penyaluran emosi.

Perbedaan Media
Media massa terdiri dari media massa cetak dan elektronik. Keduanya  memiliki perbedaan yang khas pula.
Perbedaan Media Cetak dan Media Elektronik
Media Cetak
Media Elektronik
Pesannya tertulis
Pesan tidak tertulis
Isi pesan dapat dibaca ulang
Pesan tidak dapat didengar/dilihat berulang
Pesan dapat disimpan dan dibaca kapan saja
Pesan hanya sekilas dan berlangsung pada saat itu saja
Pesan disajikan secara rinci dan ilmiah
Pesan harus sederhana dan mudah dipahami
Persuasi menyentuh rasio/pikiran
Persuasi menyentuh perasaan/emosi

       Perbedaan kedua media di atas, ditujukan untuk mengemas informasi apa yang sesuai dengan media serta target sasarannya. Misalnya bila informasi yang akan disampaikan terkait dengan banyak data dan detil yang perlu diketahui oleh publik, maka media yang tepat adalah media cetak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar