Jumat, 15 Juli 2016

TIPS MUDIK AMAN DENGAN MOTOR

Mudik adalah suatu kegiatan yang rutin setiap tahun pada bulan Ramadhan. Bagi anda yang akan mudik bersama keluarga menggunakan sepeda motor, tentu harus melengkapi persyaratan berkendara agar aman saat perjalanan. Motor memiliki perhatian yang khusus dalam hal perlengkapan keselamatan saat berkendara. Bebeda dengan mobil yang hanya menggunakan sabuk pengaman. Motor memiliki banyak peripheral yang perlu diperhatikan :
1Helm. Merupakan alat keselamatan pertama ketika terjadi benturan keras. Pilihlah helm yang ringan di kepala dan sesuai ukuran kepala kita. Helm yang longgar akan menyebabkan rasa tidak nyaman ketika berkendara. Pilih kaca helm yang bening, atau pelangi boleh asal yang tidak gelap sekali,pemilihan ini brguna saat cuaca hujan deras dan malam hari. Kaca helm yang sudah banyak goresan, sebaiknya segera di ganti.

 
2. Jaket. Jaket selain melindungi pengendara dari dingin dan panas, juga melindungi dari benturan saat berkendara, baik disebabkan karena jatuh, angin atau lemparan benda kecil. Pilihlah jaket yang pas untuk ukuran badan, tidak terlalu longgar dan ketat. Jaket kulit sangat disarankan dalam berkendara, karena lebih tahan untuk melindungi dari benturan. Jaket  dari bahan kain perlu memperhatikan ketebalan dan bahan. Jaket yang baik adalah jaket yang menutupi badan pengendara, termasuk lengan dan leher. Bila perlu, bisa memilih jaket yang waterproof. Warna jaket usahakan merupakan warna terang agar dapat dilihat oleh pengguna jalan lainnya.

3. Masker. Masker melindungi pengendara dari asap dan bau ketika berkendara. Memakai sleyer sebagai pengganti masker tidak disarankan, kecuali terbuat dari material yang baik dan tidak mengganggu pernafasan. Masker disarankan menutup hidung dan leher karena menahan leher dari tekanan hembusan angin.

4. Kaos Tangan. benda ini membantu pengendara dalam urusan handle kendaraan yaitu stang kemudi yang licin. Pilih kaos tangan yang tidak terlalu kaku bahannya. Bisa juga memilih kaos tangan yang tidak menutup semua jari. Yang jelas, ketika memakai kaos tangan, kita bisa bebas mengerakkan jari-jari. 
 
5. Sepatu dan Kaos Kaki. Sangat disarankan, ketika hendak mudik memakai sepatu dan kaos kaki. Selain nyaman, pengendara akan terlindungi ketika terjadi benturan keras. Memakai sandal tidak disarankan. Kaki merupakan salah satu bagian utama hadling berkendara yaitu pengereman (untuk motor tipe manual). 

ref : coretanpetualang.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar